Monday 16 September 2013

The New Beginning

Halo!

Setelah sekian lama mencoba bikin blog, akhirnya kesampaian juga. Di blog ini, janganlah berharap yang muluk-muluk -- kamu mungkin berharap akan menemukan informasi yang berguna, atau sebangsanya. Kamu tidak akan menemukannya di blog ini. Sesuai dengan namanya, "Penny Ante", disini saya akan ngepost hal-hal yang penny ante. Hal-hal yang tingkat kepentingan atau value-nya sangat kecil. Namun, bagi saya, hal-hal kecil ini saya anggap berharga. Maka dari itu, kata "precious" saya tambahkan di depannya. Harapan bagi saya sendiri, dengan menghargai hal-hal remeh yang dianggap tidak penting, saya dapat lebih apresiatif untuk hal-hal yang kolosal.

Sebagai contoh, dua minggu lalu saya berkesempatan untuk mendaki Gunung Lawu lewat jalur Cemara Sewu yang terjalnya masyaallah. Dari awal pikiran saya selalu saja terisi oleh bagaimana megahnya pemandangan diatas puncak, bagaimana rasa bangga yang saya dapat saat berhasil naik ke pos akhir. Karena saya mulai naik pas malam hari, sama sekali tidak terbesit di benak bahwa ada ribuan bintang diatas menemani saya untuk menuju ke puncak. Bintang-bintang kecil yang diantaranya tak kasat mata. Sewaktu sadar, saya mencoba memperhatikan bintang-bintang tersebut. Ternyata konstelasi yang terdiri dari bintang-bintang kecil itu membentuk panorama mahadahsyat yang akan sayang jika terlewatkan oleh kamera. Saya coba untuk mengambil gambar. Ini salah satu hasilnya:

Milky Way di pos 3 Lawu. Diambil pukul 11:30

Dengan eksposur 30 detik, secara perlahan cahaya bintang-bintang tersebut mengisi sensor kamera. Saya terkesima dengan hasil jepretan saya sendiri (#yek). Ternyata, hal-hal kecil dapat menjadi satu kemegahan yang tidak kalah dengan satu hal besar jika kita memberi mereka kesempatan untuk diamati lebih dalam. Pada pendakian itu, saya tidak berhasil sampai puncak. Saya berhenti di pos 4, melongoh sampai masuk angin melihat konstelasi bintang yang begitu indahnya. Saya mengabaikan gambaran hal besar yang dijanjikan di puncak dan membiarkan diri terhenti di pos 4 karena hal kecil (bintang) yang menurut saya jauh lebih indah.

Mungkin itulah topik yang akan saya tulis di entri blog ini selanjutnya. Hal remeh-temeh. Mungkin saya akan menulis pengaruh fluktuasi harga tempe atas naik turunnya mood istri saya (lho?). Mungkin saya akan menulis tentang musik sidestream, tentang pameran seni media baru, tentang fotografi, tentang komik Amrik, anime, manga (termasuk hentai), tentang bahasa, tentang imajinasi liar jamur goyang bertabur kaleidoskop, tentang fatherhood, tentang apa saja -- hal-hal kecil yang melintas singkat di kehidupan saya.

Demikian posting pertama blog ini. Tunggu entri selanjutnya.

Salam.

1 comment: